Apakah Aman Traveling Saat Libur Panjang?

Spread the love

Banyak masyarakat yang bertanya apakah pergi traveling di saat pandemik aman atau tidak, untuk jawabannya tergantung dari lokasi yang dituju dan juga dari orang yang melakukan perjalanan. Kalau lokasi yang akan didatangi itu sudah ketat aturannya jelas aman dan kalau orang yang traveling bisa menjaga diri juga aman-aman saja. Jika mau lebih aman lagi sebaiknya pahami ulasan di bawah ini dulu.

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Akan Liburan

Pergi liburan memang menyenangkan tetapi kalau perginya di masa yang seperti ini agak merasa takut karena masih banyak virus di luar sana. Kalau ingin liburannya menyenangkan dan tetap sehat maka harus memperhatikan beberapa hal yang ada di bawah ini.

  • Melakukan Riset Tempat Tujuan

Kalau sudah punya niatan untuk berwisata atau traveling, sebaiknya sebelum berangkat harus meneliti dulu tempat yang akan didatangi. Hal tersebut perlu dilakukan agar nantinya tahu apakah tempat tersebut itu aman atau tidak, jika memang tidak aman jangan pergi saja. Dari melakukan riset ini jadi tahu tempat mana saja yang sudah menerapkan protokol kesehatan dan yang tidak.

  • Cek Kesehatan Terlebih Dulu

Selain harus melakukan riset juga harus mengecek kesehatan dulu sebelum berangkat, pengecekan ini sangat perlu dilakukan agar tahu nantinya bisa pergi atau tidak. Kalau memang setelah dicek tidak sehat atau badan kurang fit sebaiknya jangan pergi dulu, orang yang kesehatannya menurun biasanya lebih rentan terkena serangan virus. Jadi kalau kurang sehat sebaiknya istirahat dulu di rumah agar kembali sehat, jika dipaksakan pergi saat sakit resikonya bukan saja terkena virus tetapi akan dipulangkan oleh petugas berwajib juga.

  • Jauhi Tempat Wisata Ramai

Saat ini masyarakat memang sudah diperbolehkan traveling atau pergi berwisata, meskipun sudah mendapatkan kebebasan seperti itu tetap harus jeli memilih tempat wisata. Sebab tidak semua tempat wisata saat ini aman dikunjungi, contohnya saja sekarang banyak tempat yang ramai pengunjung. Tempat seperti itu harus dihindari sebab semakin sering bertemu orang maka semakin besar peluang terkena virus. Jika memang ingin traveling dan ingin aman saat sudah berada di tempat tersebut maka datangi saja tempat wisata yang sepi.

  • Lakukan Isolasi Mandiri

Kalau ingin traveling ke luar kota sebaiknya sebelum berangkat harus melakukan isolasi mandiri dulu selama 2 minggu. Dengan melakukan isolasi mandiri jadi bisa tahu kondisi tubuhnya sehat atau tidak dan juga untuk mengantisipasi agar tidak menularkan virus selama perjalanan. Setelah pulang ke rumah juga perlu melakukan isolasi juga, sebab selama di tempat wisata sudah bertemu banyak sekali orang dan tidak tahu semua orang yang sudah ditemui sehat atau tidak.

Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Liburan Panjang

Jika sudah masuk liburan panjang pastinya ingin sekali pergi berwisata atau traveling, kalau dulu mau melakukan kedua kegiatan tersebut tidak perlu melakukan persiapan. Tetapi sekarang wajib sekali mempersiapkan banyak hal sebelum berangkat liburan. Persiapan yang pertama adalah mempersiapkan uang, jelas kalau mau liburan butuh uang banyak makanya dipersiapkan dulu agar saat tiba waktunya pergi sudah punya dana.

Kedua adalah mempersiapkan baju dan alat-alat kesehatan, jika mau berlibur dalam waktu yang lama wajib mempersiapkan banyak baju. Kalau saat berlibur memakai baju yang sama terus tidak sehat sebab ada kemungkinan baju tersebut sudah terkontaminasi virus jadi setelah digunakan langsung ganti yang baru. Alat kesehatan juga harus dibawa agar selalu sehat selama berlibur.